Senin, 06 Juni 2011

RPP BAHASA INDONESIA SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah              : SMK Nurul Jadid
Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/ semester  : X/II
Alokasi waktu    : 2 x 45 menit (1x pertemuan)

A. Standar Kompetensi          
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai   
B. Kompetensi Dasar  
11. 2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai   
C. Indikator
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk informasi verbal dan nonverbal
·         Mengubah informasi nonverbal menjadi informasi verbal
·         Mengubah informasi verbal menjadi nonverbal
D Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk informasi verbal dan nonverbal
·         Siswa mampu mengubah informasi nonverbal menjadi informasi verbal
·         Siswa mampu mengubah informasi verbal menjadi nonverbal
E Materi Pembelajaran
Informasi verbal (jabaran dalam paragraf)
Informasi verbal merupakan informasi yang bersifat paparan dalam bentuk klaimat atau paragraf. Berdasarkan pengaplikasiannya, informasi verbal dibagi menjadi berbagai bentuk wacana, yakni deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi, dan narasi.
Informasi nonverbal ( gambar, bagan, grafik, diagram, matrik dan tabel)
Selain informasi verbal, informasi yang tidak kalah pentingnya dalam kehidupan sehari-hari adalah informasi nonverbal. Informasi nonverbal ini sangat penting untuk memperoleh analisis data yang lebih cepat dan akurat.
a)      Bagan : gambaran secara analisis dan secara statistik tentang proses yang terjadi dialam, teknologi, dan masyarakat manusia.
b)      Grafik : lukisan pasang surut atau naik turunnya suatu keadaan atau suatu hasil dengan garis atau gambar.
c)      Diagram : gambaran ( buram, sketsa) untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu.
d)     Matrik : tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan dapat dibaca dari atas kebawah dan dari kiri kekanan.
e)      Tabel : daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data informasi biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang terrsusun urut kebawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak.
f)       Peta : representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan batas sifat permukaannya.
g)      Denah : gambar yang menunjukkan letak kota, jalan dan sebagainya atau gambar rancangan bangunan.
Dalam berkomunikasi kedua bentuk penyajian (verbal dan nonverbal) perlu digunakan secara sinerji untuk saling mendukung bagi tersampaikannya pesan dengan baik. Oleh karena itu kita dituntut bias mengalihkan infomasi nonverbal ke verbal atau sebaliknya.

 

Pengalihan informasi nonverbal ke verbal

Rambu-rambu langkah pengalihan informasi noverbal ke verbal sebagai berikut:
-          Memperhatikan secara global
-          Membaca judul dan subjudul yang ada
-          Memperhatikan lambing-lambang yang digunakan.
-          Memperhatikan kata-kata besaran-besaran atau angka-angka yang ada
-          Menafsirkan hubungan makna antar bagian atau antar sel serta hubungan-hubungan secara menyeluruh.
-          Merumuskan hubungan makna antar bagian tersebut dalam bentuk kalimat.
-          Merumuskan simpulan-simpulan kalau perlu.

Pengalihan verbal ke nonverbal

Rambu-rambu langkah pengalihan informasi nonverbal ke verbal antara lain sebagai berikut:
-          Mencermati isi dan sifat informasi atau konsep dengan seksama.
-          Menentukan efektik tidaknya informasi atau konsep tersebut divisualisasikan.
-          Memilih bentuk visual yang tepat, apakah grafik, bagan, atau tabel.
-          Memilih lambang / bentuk / warna yang tepat untuk menvisualisasikan item-item datanya.
-          Membuat visualisasi yang tepat untuk informasi atau konsep tersebut.

F. Metode pembelajaran
  • Modelling
  • Penugasan teman sejawat
  • Inkuiri
  • Unjuk kerja
  • Evaluasi
G. Strategi pembelajaran
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode

Pendahuluan (Engagement)
1.      Kegiatan apersepsi, guru mengondisikan siswa, mengucapkan salam dan mengabsen siswa
Inti (Eksplorasi)
1.      Siswa memperhatikan tayangan Grafik harga padi yang ditampilkan guru
2.      Siswa menyimpulkan dengan sederhana isi grafik
3.      Siswa memperhatikan paparan data harga minyak tanah yang disampaikan dengan susunan kalimat atau paragraph
4.      Siswa membandingkan dan mengidentifikasi perbedaan penyampaian data dengan kalimat dengan penyampaian data menggunakan table atau grafik
5.      Siswa merumuskan bentuk-bentuk informasi nonverbal
6.      Penugasan teman sejawat. Siswa membuat informasi verbal, kemudian bertukar tugas dengan teman dan informasi tersebut diubah menjadi informasi nonverbal
7.      Penugasan teman sejawat. Siswa membuat informasi nonverbal kemudian meminta teman sejawat untuk mengubahnya menjadi informasi verbal
Penutup (Evaluasi)
  1. Siswa dan guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran hari itu
  2. Siswa dan guru merencanakan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya


10 menit



   

70 menit


















10 menit


Engagement


Modeling

Unjuk kerja



Komparatif



Inkuiri


Penugasan teman sejawat







Evaluasi



H. Sumber belajar
Ø  Buku pelajaran bahasa&sastra Indonesia kelas X SMA karangan Dr. Dawud,dkk.
Ø  Teman sejawat
Ø  Instrument latihan soal grafik
I. Penilaian
Ø  Teknik = notes
Ø  Bentuk instrumen = tes unjuk kerja
                                     Performansi siswa /Penilaian proses:
·          Keaktifan siswa
·         Keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Rubrik penilaian tes pemahaman
Kegiatan
Indikator
skor
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk informasi nonverbal

·         Siswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk informasi nonverbal
·         Siswa tidak mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk informasi noverbal

2

1
·         Mengubah bentuk verbal menjadi nonverbal

·         Siswa mampu mengubah bentuk verbal menjadi nonverbal
·         Siswa tidak mampu mengubah bentuk verbal menjadi nonverbal

2

1
·         Siswa mampu mengubah bentuk nonverbal menjadi bentuk verbal
·         Siswa mampu mengubah bentuk nonverbal menjadi verbal
·         Siswa tidak mampu mengubah informasi nonverbal menjadi informasi verbal


2


1
Total skor maksimal
6

Skor pemahaman materi          : 6
Total skor maskimal                : 6
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0-10 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir= Perolehan skor  x  skor ideal =……
                        Skor maksimal (6)
INSTRUMENT SOAL LATIHAN

1.      GRAFIK PRODUKSI GABAH DI MAGELANG TAHUN 2001
120
100
80
60
45
20
Ton   Jan    Feb  Mar  Apr  Mei   Jun    Jul   Agt   Sep   Okt  Nov  Des
Kalimat yang tidak sesuai dengan pengungkapan grafik di atas adalah.....
a.       Produksi  gabah  terendah  yang  dialami  Magelang  tahun  2001  terjadi  pada  bulan Februari.
b.      Produksi gabah setiap bulan di Magelang selama tahun 2001 relatif stabil.
c.       Produksi gabah tertinggi di Magelang terjadi pada bulan Juni 2001.
d.      Setelah  produksi  menurun  pada  bulan  Februari  2001,  empat  bulan  berikutnya mengalami peningkatan.
e.       Selama enam bulan terakhir tahun 2001 produksi gabah di daerah Magelang relatif stabil.
2.      Udang yang Diimpor Jepang  (2001 - 2004)
Negara Asal
2001
2002
2003
2004
Indonesia
55.617
53.608
52.367
16.669
Vitenam
35.664
41.516
47.626
13.568
India
42.991
34.795
28.191
9.707
China
14.926
19.598
20.494
5.629
Thailand
20.579
18.987
16.806
4.771
Negeri lain
75.276
80.338
167.763
19.611
Jumlah
245.048
248.842
233.251
69.955
Hal yang digambarkan dalam tabel  tersebut adalah ...
a.       Jumlah  udang  yang  diimpor  Jepang  dari  tahun  ke  tahun   mengalami penurunan yang cukup drastis, dan ekspor udang  dari Indonesia, China, dan India mengalami turun naik dari tahun 2001 sampai 2003.
b.      Jumlah ekspor udang tahun  2001 dan 2003 hampir sama dengan jumlah ekspor udang dari negara lain pada tahun 2003, sedangkan jumlah ekspor udang pada  tahun 2004 hampir sama dengan jumlah  ekspor India tahun 2003.
c.       Jumlah ekspor udang Indonesia, India, dan Thailand ke Jepang dari tahun ke  tahun makin menurun, sedangkan Vietnam dari tahun ke tahun makin naik, kecuali tahun 2004 mengalami  penurunan drastis.
d.      Ekspor udang dari negara India ke Jepang mengalami peningkatan pada tahun 2002 dan 2004, sedangkan jumlah ekspor dari negara lain mengalami penurunan pada tahun 2001, dan meningkat drastis pada tahun 2004.
e.       Udang yang diimpor Jepang dari Indonesia mengalami kenaikan dari tahun 2001 sampai tahun 2004, sedangkan dari negra lain mengalami penurunan yang cukup drastis pada tahun 2001 dan kenaikan pada tahun 2002.
3.      Setelah diadakan peninjauan ke Desa Pekayon Bekasi, diketahui persentase penggunaan listrik di desa tersebut di RW 01 sebanyak 90% rumah pendduduk telah menggunakan  listrik, RW 02 sebanyak 95 % , RW 03  sebanyak 100%, RW 04 sebanyak 85%. Boleh dikatakan di desa Pekayom 92% rumah penduduk telah menggunakan listrik. ...
Kalimat simpulan pargraf tersebut yang tepat adalah ...
a.       Boleh dikatakan di Desa Pekayon 92%  rumah penduduk sudah menggunakan listrik.
b.      Setelah diadakan peninjauan di Desa Pekayom diketahui  penggunaan listrik 92%.
c.       Rumah penduduk di RW 03 Desa Pekayom  telah menggunakan listrik sebanyak 100%.
d.      Rumah penduduk di Desa Pekayom  Bekasi pada umumnya sudah menggunakan listrik.
e.       Listrik telah digunakan  oleh penduduk Desa Pekayom Bekasi sebanyak  92%.
4.      Berikut ini adalah kegunaan/ keuntungan menggunakan informasi nonverbal, kecuali…
a.       Memudahkan pengambilan kesimpulan tentang naik turunnya data
b.      Memudahkan analisa lanjutan
c.       Sajian informasi cepat
d.      Gambaran statistic yang lebih akurat
e.       Menghemat kertas
5.      Hal yang digambarkan dalam diagram tersebut adalah ...
a.       Sumber dan jumlah sampah di kota Mataram pada  tahun 2003.
b.      Sampah pasar menduduki persentase terendah di  kota Mataram tahun 2003. 
c.       Sampah umum paling sedikit persentasenya di kota  Mataram pada tahun 2003. 
d.      Sumber sampah tertinggi di kota Mataram pada  tahun 2003 adalah saluran. 
e.       Sampah umum peringkat ketujuh di kota Mataram  pada tahun 2003. 
6.             Untuk Pengobatan
- Orang dewasa 1 bungkus 2-3 kali sehari
- Anak-anak ½ bungkus 2-3 kali sehari 
Untuk Pencegahan
Menurut petunjuk pemakaian obat tersebut  jika seseorang yang berusia 15 tahun sakit, ia harus minum obat itu ...
a.       minimal 2 kali sehari @ ½ bungkus
b.      minimal 2 kali sehari @ 1 bungkus
c.       cukup 2 kali sehari @ ½ bungkus
d.      cukup 1 kali 1 bungkus per hari
e.       cukup 1 kali ½ bungkus per hari 
7.    Perhatikan petunjuk penggunaan sebuah kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) berikut!
(1) Buka amplop yang berisi nomor PIN Anda.
(2) Masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
(3) Masukkan nomor PIN yang ada pada amplop.
(4) Pilih menu BAHASA (Indonesia/Inggris), lalu pilih menu TRANSAKSI LAIN.
(5) Pilih menu GANTI PIN.
(6) Masukkan nomor PIN Anda, ulangi sekali lagi.
(7) Proses ganti PIN selesai, dan kartu ATM Anda dapat digunakan.
Informasi penting yang sesuai dengan petunjuk tersebut adalah ...
a.       Nomor PIN lama terdapat pada kartu ATM.
b.      Nomor PIN yang baru terdapat pada kartu ATM.
c.       Menu TRANSAKSI LAIN merupakan sub menu GANTI PIN.
d.      Menu GANTI PIN merupakan sub menu BAHASA.
e.       Nomor PIN baru, dimasukkan dua kali.

Kunci jawaban
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       

Mengetahui,                                                              Paiton,   3 Januari  2011
Kepala SMA Negeri 1 Paiton                                   Guru Mata Pelajaran,



Drs. H.Foni Yusanda                                                            Ari Atmaji, S.Pd. , M.Pd.
                     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar